Rabu, 05 September 2012

Acara Pembukaan Akreditasi Th. 2012


Acara Silaturrahmi Kerumah Murid


Perpisahan dengan Kelas IX

Kepala MTs Sedang Berpuisi Perpisahan

Musyawarah Kurikulum


Atas Kepal Madrasah (kanan), Ketua Yayasan (Tengah), Wakuri (Paling Kiri)
Bawah Kepala, Ust. Didi Damhuri (Paling Kiri), Ust. Rusniady (Tengah), Ust. Hudaini (Paling Kanan)
Sibuk Menyusun Pengembangan Silabus RPP

Persipan Akreditasi


Kode Etik Madrasah

YAYASAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN ISHLAHUL MUSLIMIN MTs. ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK Desa Senteluk Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat Jl. Biduri No. 45 Senteluk Telp. (0370) 087865139452

KODE ETIK MADRASAH 

1. Setiap warga Madrasah menjamin kebebasan beragama dan menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan memiliki budi pekerti yang luhur. 
2. Setiap warga Madrasah memiliki kewajiban melaksanakan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945. 
3. Setiap warga Madrasah memiliki kewajiban untuk melaksanakan Visi dan Misi yang ada di MTs. Ishlahul Muslimin Senteluk. 
4. Setiap warga Madrasah memiliki kewajiban untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang dimilikinya. 
5. Setiap warga Madrasah memberikan kesempatan dan memberikan fasilitas dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien untuk menggali potensi yang ada di MTs. Ishlahul Muslimin Senteluk. 
6. Madrasah memberikan pelayanan kepada peserta didik dalam pembelajaran atau dalam menggali potensi yang dimiliki oleh peserta didik. 
7. Warga Madrasah memiliki kewajiban untuk membangun komunikasi yang baik untuk mewujudkan visi dan misi MTs. Ishlahul Muslimin Senteluk.
 8. Setiap warga Madrasah memiliki kewajiban untuk mengembangkan sikap berbudaya santun. 9. Warga Madrasah memiliki kewajiban untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dalam penelitian ilmiah dan berkomunikasi ilmiah. 
10. Warga Madrasah memiliki kewajiban dan memberikan fasilitas dalam melestarikan seni dan budaya bangsa. 
11. Setiap warga Madrasah memiliki kewajiban dan bertanggung jawab dalam mengembangkan prestasi bidang akademik dan non akademik. 
12. Setiap warga Madrasah bersikap visioner dan kompetitif. 
13. Setiap warga Madrasah memiliki kepedulian dalam melestarikan lingkungan dan menjaga keindahan, kebersihan dan ketertiban Madrasah. 
14. Setiap Warga Madrasah memiliki kewajiban menjaga kerahasiaan baik hasil keputusan rapat atau tugas yang dibebankan kepada setiap warga Madrasahnya. 
15. Setiap Warga Madrasah memiliki kewajiban untuk menjaga nama baik Madrasah. 


Senteluk, 13 Juli 2011 
Kepala Madrasah 



Baihaki Assubki, S.Pd.I

Tata tertib Siswa dan Tatib Madrasah

YAYASAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN ISHLAHUL MUSLIMIN MTs. ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK Desa Senteluk Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat Jl. Biduri No. 45 Senteluk Telp. (0370) 087865139452 

ATURAN MADRASAH DAN TATA TERTIB SISWA 
MTs. Ishlahul Muslimin Senteluk 

I. KEHADIRAN SISWA
1. Hadir setiap hari efektif belajar, masuk kelas pagi pukul 07.15 WITA
2. Harus berada di dalam ruang belajar 10 menit sebelum pelajaran dimulai
3. Jika meninggalkan ruang belajar sebelum waktunya harus seijin guru mata pelajaran
4. Jika meninggalkan madrasah sebelum waktunya harus seijin guru piket dan wali kelas
5. Pada saat jam belajar tidak keluar kelas
6. Pada jam istirahat tidak keluar lingkungan madrasah
II. KETERLAMBATAN HADIR SISWA/SISWI
1. Dinyatakan terlambat bila hadir setelah bel tanda pelajaran dimulai sudah berbunyi
2. Guru piket dapat memberikan ijin untuk mengikuti pelajaran berikutnya dengan surat ijin khusus
3. Guru piket dapat memberikan hukuman fisik terukur, mendidik dan mengarahkan untuk menunggu dilapangan (depan madrasah) sebelum masuk ruang belajar pada jam pelajaran berikutnya
4. Lima kali terlambat (komulatif) akan mendapat surat pemberitahuan - peringatan (yang ditujukan kepada orang tua)
III. KETIDAKHADIRAN SISWA/SISWI
1. Sakit dinyatakan dengan surat keterangan dokter dari instansi yang berwenang (klinik, puskesmas, dll yang sejenis)
2. Ijin dinyatakan dengan surat dari orang tua dan dilampiri fotocopy KTP orang tua penanda tangan surat
3. Tidak menginformasikan ketidak hadiran melalui telepon
4. Dinyatakan Alpa jika tidak ada pemberitahuan resmi berupa surat dari orang tua atau surat keterangan sakit
5. Tiga kali Alpa/tanpa keterangan akan menerima surat pemberitahuan - peringatan kepada orang tua
IV. KERAPIHAN BERPAKAIAN SISWA/SISWI
1. Penjadwalan penggunaan pakaian seragam madrasah adalah :
a. Baju putih, celana/rok abu-abu pada hari Senin dan Selasa
b. Baju batik, celana/rok hitam pada hari Rabu dan Kamis
c. Pakaian Pramuka Pada hari Jum’at dan Sabtu
2. Pakaian seragam yang dikenakan harus
a. Mempunyai logo madrasah yang dijahit pada lengan baju putih sebelah kiri
b. Mempunyai logo OSIS disaku sebelah kiri
c. Mempunyai Badge pengenal nama madrasah (lokasi) yang dijahit pada lengan baju putih sebelah kanan
d. Mempunyai Badge/papan nama jelas dibagian dada baju sebelah kanan
e. Tidak mengenakan asesoris tambahan selain pin OSIS atau Ekskul
f. Rapih, pantas, tidak terlalu ketat, tidak gombrang, mengenakan kaos dalam/singlet
g. Mengenakan pakaian olah raga resmi yang sudah ditentukan madrasah pada jam pelajaran olah raga praktek.
3. Mengenakan pakaian seragam resmi madrasah dengan tata cara :
a. Rok sebatas lutut dengan baju dimasukan kedalamnya, dan mengenakan ikat pinggang hitam polos
b. Rok sebatas mata kaki, baju lengan panjang bagi yang berjilbab
c. Celana (tidak gombrang) dengan baju dimasukan kedalamnya, dan mengenakan ikat pinggang hitam polos d. Tidak mempunyai coret-coretan atau logo tambahan lain
4. Sepatu yang diperbolehkan hanya berwarna hitam polos dan berkaos kaki putih
V. PENAMPILAN DIRI SISWA/SISWI
1. Rambut siswa tidak menutupi telinga, kerah baju, alis mata, dan tidak diwarna warni
2. Rambut siswi tidak terlalu pendek, diikat/dibando, tidak diwarna warni
3. Siswa tidak mengenakan kalung, cincin, gelang dan anting
4. Siswi tidak mengenakan asesoris dan kosmetik/make up yang berlebihan
5. Siswi tidak mengenakan cincin, kalung, gelang lebih dari satu
6. Anting wanita tidak lebih dari satu pasang
7. Tidak bertato dan tindikan
VI. SARANA - PRASARANA BELAJAR SISWA/SISWI
1. Wajib melengkapi alat-alat kelengkapan belajar sesuai dengan yang telah ditentukan oleh madrasah/guru
2. Hanya boleh membawa ke madrasah buku-buku dan alat pembelajaran lain yang ada hubungannya dengan pelajaran
3. Menggunakan sarana-prasarana belajar di madrasah dengan baik dan benar agar tidak rusak atau hilang
4. Tidak "mencorat-coret" sarana-prasarana belajar dilingkungan madrasah
5. Bagi yang berkendaraan bermotor roda dua, parkir ditempat yang sudah ditentukan
6. Tidak diizinkan membawa kendaraan roda empat atau lebih
VII. UPACARA BENDERA
1. Dilaksanakan setiap hari senin pagi(Sebulan Sekali pada minggu pertama), dan hari-hari besar nasional
2. Siswa/siswi yang ditunjuk sebagai petugas upacara harus berlatih, mempersiapkan diri, dan melaksanakan tugas dengan baik
3. Siswa/siswi wajib mengikuti upacara bendera dengan tertib dan hikmat
4. Saat mengikuti upacara bendera siswa/siswi mengenakan pakaian seragam lengkap dengan Peci Hitam/Jilbab
5. Siswa/siswi yang tidak mengikuti upacara bendera akan diberi sanksi/tindakan kedisiplinan yang sesuai
VIII. ETIKA DAN SOPAN SANTUN SISWA/SISWI
1. Wajib menghargai, menghormati, menyapa Kepala Madrasah, Guru, Staff TU, Orang Tua dan sesama pelajar baik dilingkungan madrasah maupun diluar lingkungan madrasah
2. Wajib menjaga/memelihara Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Keindahan, Kenyamanan, Kerindangan, dan Kekeluargaan di dalam dan luar lingkungan sekitar MTs. Ishlahul Muslimin Snteluk 3. Tidak membuat coret-coretan dikelas, lingkungan madrasah dan luar madrasah
4. Ikut memelihara tumbuhan/taman di dalam maupun diluar lingkungan/sekitar madrasah
5. Tidak mengganggu/merusak sarana-prasarana belajar dimadrasah
6. Wajib menjaga nama baik madrasah di dalam maupun diluar madrasah
7. Wajib mengenal semua guru yang mengajar maupun yang tidak mengajar dikelas yang bersangkutan
IX. LARANGAN
1. Dilarang mengenakan topi bebas, asesoris dan perhiasan berlebihan 2. Dilarang jajan pada waktu jam pelajaran berlangsung
3. Dilarang membawa ponsel/HP
4. Dilarang keras membawa rokok, minuman beralkohol, narkoba, senjata tajam/api kelingkungan madrasah
5. Dilarang menerima tamu di dalam kelas dan dilingkungan madrasah tanpa seijin guru piket
6. Dilarang membawa uang melebihi keperluan belajar dimadrasah
7. Dilarang melakukan kegiatan yang merugikan diri sendiri, madrasah dan masyarakat
8. Dilarang keras melakukan keributan, perkelahian, dan pemerasan
9. Dilarang keras membawa koran/majalah, buku-buku, VCD, yang bersifat porno grafi dan porno aksi
10. Dilarang keras merokok, minum-minuman beralkohol dan menggunakan narkoba di dalam maupun di luar lingkungan/sekitar madrasah
11. Dilarang keras melakukan kegiatan yang mengganggu ketertiban belajar dan ketertiban umum 12. Dilarang keras melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan kepribadian pelajar dan kepribadian nasional
X. SANKSI - HUKUMAN - TINDAKAN
Siswa/siswi yang melanggar/tidak mematuhi aturan madrasah dan tata tertib siswa dikenakan sanksi-hukuman-tindakan sebagai berikut :
1. Peringatan lisan
2. Peringatan tertulis
3. Pemberitahuan-peringatan kepada orang tua
4. Panggilan orang tua
5. Hukuman fisik yang terukur dan mendidik
6. Penugasan mendidik dan tidak merugikan siswa
7. Penggantian material tertentu sesuai pelanggaran yang dilakukan
8. Pemotongan rambut, Pengecatan hitam sepatu, penyitaan barang yang tidak sesuai aturan dan lain-lain yang bersifat mendidik
9. Penundaan belajar (skorsing)
10. Pengembalian kepada orang tua (dikeluarkan dari madrasah)
11. Hal tindakan yang menyangkut pidana/perdata yang tidak dapat diselesaikan dimadrasah akan diserahkan kepada pihak yang berwajib
XI. SANKSI KHUSUS
1. Siswa/siswi yang menggunakan HP pada saat jam pelajaran masih berlangsung dimadrasah akan dikenakan tindakan berup penyitaan HP tersebut dan akan dikembalikan kembali kepada orang tua pada saat pembagian raport dan/atau kenaikan kelas dan pada saat kelulusan (untuk kelas IX)
2. Ketidakhadiran siswa (alpa) yang melebihi 20% dari hari efektif belajar satu tahun tidak memenuhi persyaratan untuk naik kelas
3. Ketidak hadiran siswa (alpa) yang melebihi 15% pada hari efektif belajar (mata pelajaran) per semester tidak akan tidak akan diikutsertakan dalam kegiatan ulangan semester dan remidial ataupun pada perbaikan nilai di akhir semester
XII. Hal-hal yang belum tercantum dalam aturan madrasah tata tertib siswa ini akan ditentukan kemudian sesuai dengankebijakan madrasah
XIII. Aturan madrasah dan tata tertib ini merupakan perbaikan dan penyempurnaan dari tata tertib siswa sebelumnya dan mulai berlaku sejak ditetapkan kembali
                                                                                      Ditetapkan di : Senteluk
Mengetahui,                                                                    Pada Tanggal : 13 Juli 2011
Ketua Komite,                                                                Kepala Madrasah,



Mukril Hakim                                                                  Baihaki Assubki, S.Pd.I
                                                Menyutujui,
                         Ketua Yayasan Pontren Ishlahul Muslimin
                                             



                                                Drs. H. Sanusi

Peranan Guru Ala Islami

الحمد لله الذي أنعـم علينا بأنواع النعـم ولطائف الإحسـان, وفضلنا على سائر خلقـه بتعليم العلم والبيـان, اشهد أن لا إله إلا الله وحـده لا شريك له شهـادة تنجى قائلها من الكروب والمحـن, واشهد أن سيدنا ونبينا محمدا عبـده ورسوله الذى جاهـد فى سبيـل الله حق جهاده فما ولى ولا انهـزم , وقال فى بعض حديثه " العلماء ورثة الأنبيـاء" , اللهم صل وسلم على سيدنا محمد المبعـوث بخيـر الملل والأديـان, وعلى آلـه وأصحابـه بدور معالم الإيمـان وشموس عوالم العرفـان. أما بعد. فيا عبـاد الله ! اتقوا الله فى جميـع الاحوال والامكان والازمـان, ولا تعصوه فان الله لا يحب العاصين. 

Sepantasnyalah kita sebagai insan yang beriman dalam memulai setiap perbuatan dan perkataan hendaknya dengan pujian-pujian kepada Allah Tuhan yang Maha Rahman, yang telah menjadikan para Tuan Guru sebagai juru selamat di bumi ini setelah para nabi rasul wafat Begitu pula shalawat serta salam senatiasa kita senandungkan kepada Nabi Muhammad SAW sebaik-baik insan, yang telah mewariskan ilmunya kepada para Tuan Guru dan mewajibkan ummatnya untuk senantiasa patuh dan tunduk kepada Para Tuan Guru. Dan tak lupa pula kepada keluarga, kerabat dan sahabat beliau yang dengan setia dan penuh keikhlasan membantu Nabi dalam berjuang hingga islam di bumi ini tumbuh cemerlang.

PERANAN TUAN GURU DALAM MASYARAKAT 

Hadirin Jamaah shalat jumat yang dirahmati Allah علماء adalah bentuk jama’ dari عالم yang memiliki arti : كل من اتصف بالعلم ولو كان مبتدئا فى الطلب Artinya : Setiap orang yang memiliki sifat mengetahui sekalipun orang itu baru belajar. Namun kata علماء biasanya dugunakan pada orang yang mendalam ilmunya “ التبحر فى علمه” dan mampu menyelesaikan permasalahan ummat. علماء menurut orang Jawa disebut “Kiyai” sedangkan menurut orang sasak disebut “ Tuan Guru”. Tuan Guru menurut pandangan masyarakat merupakan sentral masyarakat, karena setiap permasalahan baik yang sifatnya urusan agama maupun urusan dunia selalu dilimpahkan kepada Tuan Guru, sehingga para Tuan Guru dituntut untuk memiliki pengetahuan yang banyak dan wawasan yang luas dalam segala bidang agar mampu menjawab dan mengatasi setiap masalah yang terjadi di masyarakat. Oleh sebab itu Tuan Guru memiliki karisma tinggi di mata masyarakat, Karena setiap ucapan dan tindakannya merupakan petuah yang harus diikuti, sehingga benar kata Tuan Guru benar kata masyarakat, salah menurut Tuan Guru salah juga menurut masyarakat. Sebuah kampung akan memiliki wibawa bila didalamnya terdapat Tuan Guru. Semakin banyak Tuan Guru di kampong itu semakin tinggi pula wibawa dari kampung tersebut. Keyakinan masyarakat kepada Tuan Guru bukanlah keyakinan yang tidak memiliki dasar agama, bahkan wajib hukumnya bagi masyarakat untuk patuh dan tunduk kepada Tuan Guru Selama apa yang Tuan Guru ajarkan membawa kepada kemashlahatan ummat. Allah swt berfirman : إنمـا يخشـى الله من عبـاده العلمـاء Artinya : Sesungguhnya diantara hamba hamba Allah itu hanya Tuan Guru yang takut kepada Allah. Dan juga hadis Nabi saw yang berbunyi : العلمـاء ورثـة الأنبيـاء Artinya : Tuan Guru adalah pewaris para nabi. Hadirin Jamaah shalat jumat yang dirahmati Allah Tuan Guru merupakan sebuah gelar dan sekaligus jabatan yang diberikan Allah kepada hamba hambanya yang takut dan dekat dengannya. Sehingga bila Tuan Guru meninggal dunia, 10 – 15 tahun lagi belum tentu ada gantinya. Berbeda dengan jabatan yang diberikan manusia, seperti jabatan Kadus, Kades atau Presiden misalnya bila mereka meninggal dunia, maka pasti langsung ada penggantinya. Bila Tuan Guru telah tiada, semua akan merasa kehilangan, manusia, jin tumbuh tumbuhan dan binatang bahkan ikan ikan di lautpun turut berduka, tak ketinggalan bumi dan langit turut meneteskan air mata karena ditinggal mati oleh Tuan Guru. Bila Tuan Guru telah tiada tak ada lagi yang berzikir di muka bumi ini, tak ada lagi yang bangun di tengah gelapnya malam untuk menengadahkan tangannya ke langit mohon perlindungan dan keselamatan bagi masyarakatnya. Bila Tuan Guru telah tiada, merupakan peluang besar bagi syaitan untuk menggoda manusia, terlebih kita di daerah pariwisata, yang tempat maksiat ada didepan pintu rumah kita, karena tak ada lagi yang berdakwah amar ma’ruf nahi dan mungkar. Bila Tuan Guru telah tiada, tak ada lagi tempat bertanya, tak ada lagi tempat mengadu, tak ada lagi yang dapat mendamaikan setiap perselisihan diantara keluarga maupun tetangga, tak ada lagi yang meramaikan kampong ini dengan ceramahnya lewat masjid maupun musholla. Benar kata orang bijak موت العـالم موت العـالم Artinya : Matinya orang alim berarti matinya alam ini. Hadirin Jamaah shalat jumat yang dirahmati Allah Bila kita perhatikan ternyata para Tuan Guru kita pada umumnya adalah jebolan Madrasah dan Pondok Pondok Pesantren, oleh sebab itu marilah kita menyekolahkan anak anak kita di madrasah madrasah dan pondok pondok pesantren agar kelak dapat menjadi pengganti Tuan Guru - Tuan Guru kita yang telah meninggalkan kita. Dan kami mengajak masyarakat semua Marilah kita lestarikan dan kita ramaikan madrasah dan pondok pesantren yang telah ditinggalkan dan diwariskan kepada kita oleh Bapak Tuan Guru yang telah meninggalkan kita dengan memberi kepercayaan kepada para asatiz untuk mendidik anak anak kita, karena Beliau akan merasa nyaman dan damai di alam sana bila apa yang ditinggalkannya dapat bermanfaat bagi ummat.
 بارك الله لى ولكم فى القـرآن العظيم ونفعنى واياكم بنا فيه من الآيـات والذكر الحكيـم, وتقبل منى ومنكم تلاوتـه انه هو السميع العليم واستغفروا ربكم انه هو الغفور الرحيم. الحمد لله واهب المنـن, ذى الجود والإحسـان والكـرم, احمـده سبحانه وتعالى على ما أعطانا من النعـم, واشكره على ما أورثنا من الحكـم, اشهد أن لا إله إلا الله الذى فضل بنى آدم بالعلم والعمل على جميع العـالم, واشهد ان محمدا عبـده ورسولـه سيـد العرب والعجـم, اللهم صل وسلم على سيدنا محمد له الفضل العميـم, وعلى آله وأصحابـه ينابيـع العلوم والحكم, أما بعد. فيا عبـادالله! اتقواالله ربكم فى جميـع الحالات على الدوام, واستغفـروه حتى تنجـوامن عذابـه الاليـم, لقد قال الله تعالى فى كتابـه الكريم " إنمـا يخشـى الله من عبـاده العلمـاء", وقال أيضا "إن الله وملائكتـه يصلون على النبي, ياايها الذيـن امنوا صلوا عليـه وسلموا تسليما" وارض اللهم عن الاربعـة الخلفـاء الراشدين فى الدين هم ابو بكر وعمر وعثمـان وعلي وعن بقيـة الصحابـة اجمعيـن. اللهم اغفـر للمسلميـن والمسلمـات والمؤ منيـن والمؤمنـات, الاحيـاء منهم والاموات, وكذالك للعلمـاء العامليـن والأوليـاء العرفيـن, انك سميـع قريب مجيب الد عوات, يا قاضي الحاجـات, ويا عالم السر والخفيـات,ونسألك يا الله أن تجعل تلاميـذنا من الناجحيـن فى الإمتحـان ولا تجعلهم من الراسبيـن, ربنا اتنـا فى الدنيا حسنـة وفى الاخـرة حسنـة وقنا عذاب النار. عبادالله! ان الله يأمركم بالعدل والاحسـان وايتاء ذى القربى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغى. يعظكم لعلكم تذكرون. فاذكروا الله العظيم يذكركم, واشكروه على نعمـه يزدكم. وان تكفروا فاعلموا ان عذاب الله شديـد. ولذكر الله اكبر والله يعلم ما تصنعـون.

Pidato Bulan Puasa

الحمـد لله الذي كتب علينا الصيـام لدفـع الهـوى, والصـلاة والسـلام على المصطفى الذي لا ينطـق عن الهـوى, ان هو الا وحي يوحـى, هو سيـدنا محمـد اهل الصفى والوفى, وعلى آلـه واصحابـه الذين كانوا نجـوما يتلألــؤ فى السمـاء العلى, اما بعـد. PUASA PENAKLUK NAFSU Berbicara tentang nafsu, Imam Al-Gazali Berkata : النفس هو ميـل القلب الى الشيئ الملـذ Artinya : Nafsu adalah kecendrungan hati kepada sesuatu yang lezat. Makanan menjadi nikmat karena adanya nafsu, minum terasa segar karena adanya nafsu, suatu pemandangan terlihat indah karena nafsu begitu pula suara terasa merdu didengar karena nafsu, sehingga tanpa nafsu hidup menjadi hampa dan tanpa nafsu hidup tiada bermakna. Tanpa nafsu makan tak enak, tidurpun tak nyenyak, walau hamburger dan kentaki dihidangkan dan teh botol sosro menjadi minumannya bila tidak ada nafsu semua itu tidak akan enak, bahkan akan terasa bagai menelan batu. Dengan adanya nafsu orang bisa bernafas, bila tidak bisa bernafas maka orang itu harus diinfus, bila infus sudah tidak bisa masuk maka orang itu berarti telah mamfus. Hadirin jamaah shalat jumat yang dirahmati Allah. Lagi lagi karena nafsu orang berbuat dosa, karena dorongan nafsu orang bisa menjadi penjudi, pemabuk, dan bisa menjadi pencuri bahkan menjadi pembunuh. Dengan sebab dorongan hawa nafsu juga perempuan perempuan masa kini tidak malu memakai pakaian tipis, dengan celana levis hingga terlihat lupis, mereka bangga dengan penampilannya serasa bagaikan turis. Maka tak heran kemana mata memandang disana dosa terpampang dan kemana kaki berjalan disana dosa menghadang. Sungguh celakalah mereka yang telah menjadi budak hawa nafsunya. Ahli hikmah berkata : ويل لمن كان هـواه اميـرا وعقلـه اسيـرا, وطوبى لمن كان عقلـه اميـرا وهـواه اسيـرا Artinya : Celakalah orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai raja dan akalnya sebagai tawanannya, dan berbahagialah orang yang menjadikan akalnya sebagai raja dan nafsunya sebagai tawanannya. Lihatlah karena hawa nafsu seorang wanita Nabi Yusuf as dijebloskan kedalam penjara. Hingga Nabi Yusuf as berkata : ومـا ابـرئ نفسي ان النفـس لأمـارة بالسـوء Artinya : Aku tidak akan melepaskan hawa nafsuku, sesungguhnya hawa nafsu itu selalu mengajak kepada kesesatan. Hadirin jamaah shalat jumat yang dirahmati Allah. Agar nafsu itu tidak bebas bertindak melakukan segala sesuatu seenaknya saja tanpa ada kontrolnya, maka Allah swt. Mewajibkan kepada hambanya yang beriman untuk berpuasa dengan firmannya dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi : ياأيـها الذيـن آمنـوا كتب عليكم الصيـام كما كتب على الذيـن من قبلكم لعلكم تتقـون Artinya : Wahai orang yang beriman diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang yang bertaqwa. Puasa merupkan salah satu sarana yang digunakan oleh Allah untuk mendidik hambanya agar memiliki sifat jujur, amanah, dermawan dan penuh kasih sayang terlebih dapat melemahkan hawa nafsu. Rasulullah saw bersabda : يا معشر الشـباب من استطاع منكم البـاءة فليتـزوج, ومن لم يستطع فعليـه بالصـوم فإنـه له وجـاء Artinya : Wahai para pemuda siapa saja diantara kamu yang sudah memiliki kemampuan untuk menikah, maka hendaklah ia menikah, namun jika ia belum mampu maka hendaklah ia berpuasa. Sesungguhnya puasa itu penahan nafsu.

Kumpulan Khutbah

JAGALAH HATI الحمد لله القائل " ان الشيطان لكم عدو فاتخـذوه عدوا" اشهد ان لا اله الا الله وحده لا شريك له, شهـادة تنجي قائلـها من نار جو, واشهد ان محمدا صلى الله عليه وسلم عبده ورسوله له المرتبـة القصـوى, اللهم صل وسلم على سيدنا محمد اهل الفضل والتقـوى, وعلى أله واصحابـه كانوا نجومـا يتلألـؤ فى السمـاء العليا, اما بعـد. فيا عبـاد الله ! اتقوا الله فى جميـع الاحوال والامكان والازمـان, ولا تعصوه فان الله لا يحب العاصين. Segala puji bagi Allah yang sampai saat ini kita masih diberi kesehatan dan umur yang panjang serta senantiasa dalam lindungannya dan dijauhkan dari godaan syaitan. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah buat junjungan alam Nabi Muhammad saw yang beberapa hari yang lalu kita telah selesai merayakan hari kelahiranya. Begitu pula kepada para sahabat dan kerabat beliau yang senantiasa mendukung dakwahnya hingga islam dapat kita rasakan sampai sekarang ini. Hadirin hadirat jamaah shalat jumat yang dirahmati Allah. Wajib bagi setiap orang yang beriman untuk mencintai para ulama, orang orang shalih dan senantiasa duduk bersama mereka untuk mendengarkan nasihat nasihatnya dan bertanya masalah agama kepada mereka. Begitu pula wajib bagi setiap orang yang beriman untuk menjauhkan diri dari perbuatan maksiat dan agar senantiasa menjadikan syaitan sebagai musuh dengan cara berbuat taat kepada Allah bukan taat kepada syaitan. Allah swt berfirman : ان الشيطان لكم عدو فاتخـذوه عدوا Artinya : sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka jadikanlah ia sebagai musuhmu Hadirin hadirat yang dirahmati Allah Ketahuilah bahwa hati kita bagaikan benteng, dan syaitan adalah musuh yang selalu ingin memasuki benteng tersebut untuk menguasainya, apabila syaitan telah berhasil memasuki dan menguasai benteng tersebut maka syaitan akan mudah menguasai manusia lalu menjerumuskannya ke jalan yang sesat. Oleh sebab itu tidak aka ada yang mampu untuk menjaga benteng tersebut dari serangan musuh melainkan dengan cara memperketat penjagaan pada pintu masuk benteng itu. Maka pintu masuk menuju benteng hati ini yang harus kita ketahui agar kita senantiasa menjaganya agar jangan sampai syaitan bisa masuk. Diantara pintu masuk yang sering dilalui syaitan untuk menggoda manusia adalah : 1. Marah dan hawa nafsu, perasaan marah merupakan alat untuk merantai akal, apabila orang sedang marah berarti ia sedang merantai akalnya hingga akalnya menjadi lemah, apabila akal sedang lemah maka datanglah syaitan untuk menyerbu dan menguasai orang itu sehingga syaitan dengan mudah mempermainkan orang yang sedang marah itu bagai anak yang bermain bola. Coba kita perhatikan orang yang lagi marah ia seringkali melakukan hal hal yang bertentangan dengan akal sehat, ia membuang dan memecahkan barang yang sangat berharga yang sangat ia sayangi bahkan ia dapat melakaukan perbuatan criminal seperti perkelahian, tauran antar remaja, tauran antar pelajar, antar mahasiswa bahkan tauran antar kampong sehingga tak jarang mengakibatkan kerusakan dan pembunuhan padahal ketika ia tidak marah ia tidak akan mungkin melakukan perbuatan itu. Rasulullah saw bersabda : ليس الشديد بالصرعة إنماالشديد من يملك نفسه عند الغضب Artinya : Bukanlah dikatakan orang kuat orang yang pintar main silat, tetapi hakekat orang yang kuat adalah orang yang mampu menahan dirinya saat ia marah. 2. Loba dan Hasad kedua pintu ini sering kali dilalui oleh syaitan untuk menggoda manusia. Apabila seseorang telah dibutakan oleh sifat loba dan hasad maka syaitan akan mudah menjerumuskan manusia ke lembah kesesatan. Loba adalah sifat tidak merasa puas dengan apa yang telah diberikan Allah kepadnya. Dikasi satu minta dua, diberi dua minta tiga, ibarat kata pepatah “dikasi hati minta jantung”. Orang yang seperti ini akan mudah menghalalkan segala cara asal tercapai semua tujuan. Sedang sifat hasad atau iri hati adalah orang yang merasa senang apabila melihat orang lain mendapat musibah dan sakit hati apabila melihat orang lain mendapat nikmat. Lihatlah iblis karena iri kepada nabi adam ia dilaknat dan dikeluarkan dari surge. dan lihatlah nabi adam segala macam yang ada di surge halal baginya kecuali pohon khuldi namun karena loba ia mendekati pohon khuldi akhirnya iblis dengan mudah menggodanya. Rasulullah saw bersabda : إياكم والحسد إن الحسد يأكل الحسنات كما يأكل النار الحطب Artinya : Jauhilah sifat hasad, sesungguhnya hasad itu memakan kebaikan sebagaaimana api memakan kayu. 3. Bakhil atau kikif, pelit dan takut miskin, lewat sifat ini sering kali juga syaitan berhasil menggoda manusia. Orang yang memiliki sifat bakhil ini ssyaitan dengan mudah membisikkan dihati orang itu agar jangan mau menginfakkan sebagian hartanya, jangan pernah mau bersedekah kepada orang lain karena akan membuat harta akan cepat habis dan membuat orang malas bekerja, akhirnya orang yang bakhil tersebut akan menumpuk numpukkan hartanya tidak mau berbagi dengan orang disekitarnya. Allah swt berfirman : ويل لكل همزة لمزة, الذي جمع مالا وعدده, يحسب أن ماله أخلده, كلا لينبذن فى الحطمة, وماأدراك ماالحطمة, نار الله الموقدة, التي تطلع على الأفئدة, إنها عليهم مؤصدة, فى عمد ممددة. Artinya : Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung hitungnya, dia mengira bahwa harta itu dapat mengekalkannya, sekali kali tidak, pasti dia akan dilemparkan kedalam neraka hutomah, dan tahukah kamu apa neraka hutomah itu?, yaitu api yang dinyalakan yang membakar sampai kehati, sungguh api itu ditutup rapat atas diri mereka, sedang mereka itu diikat pada tiang tiang yang panjang. Hadirin hadirat yang dirahmati Allah Hati ini terdiri dari segumpal darah kecil namun memiliki fungsi yang sangat besar. Apabila hati ini sehat, maka tubuhpun menjadi sehat, namun sebaliknya bila hati ini rusak maka tubuhpun menjadi rusak. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw. : ألا إن فى الجسد مضغة إذا صلحت صلح الجسد كله وإذا فسدت فسد الجسد كله ألا وهى القلب Artinya : Perhatikanlah, sesungguhnya didalam tubuh itu ada segumpal darah, apabila segumpal darah itu baik tubuhpun menjadi baik dan bila segumpal darah itu rusak tubuhpun menjadi rusak, ketahuilah segumpal darah itu adalah hati. Demikianlah khutbah singkat yang dapat khotib sampaikan semoga kita dapat menjaga hati kita agar tetap sehat sehingga syaitan tidak mudah memasukinya dan menguasainya. بارك الله لي ولكم فى القرآن العظيم ونفعني وإياكم بما فيـه من الآيات والذكر الحكيم, وتقبـل مني ومنكم تلاوتـه واستغفـروا ربكم انه هو الغفـور الرحيـم. الحمـد لله الذي بعث فينا رسوله الا عظـم, اشهد ان لااله الا الله له الا سماء الاعظـم, الذي جعل امتـه وسطا خيـر الا مم, حتى يكونوا يوم القيامـة شهـداء على سائرالامم, واشهد ان سيدنا ومرشدنا ومخرجنـامن الظلمـات الى النور محمـدا رسولـه الاكرم, الذي جاهد فى نشر الاسـلام حتى نفرق بين الضـلال والمستقيـم, اللهم صل وسلم على النبي الاكمـل الافخـم, سيدنا محمد ذي المكارم والشيـم, و على الـه الذي فى سلك دينه انتظـم, وصحبـه حمـاة الدين الاقـوم, وشرف وكرم ومجد وعظـم, اما بعد فيا عبـادالله! اتقواالله ربكم فى جميـع الحالات على الدوام, واستغفـروه حتى تنجـوامن عذابـه الاليـم, واتخذوا الشيطان عدوا بطاعة الله ورسوله على الدوام, ولقد قال الله تعالى فى كتابـه الكريم, ان الله وملائكتـه يصلون على النبي ياايها الذيـن امنوا صلوا عليـه وسلموا تسليما" اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد وارض اللهم عن الاربعـة الخلفـاء الراشديـن فى الديـن هم ابو بكر وعمر وعثمان وعلى وعن بقية الصحابة اجمعين. اللهم اغفـر للمسلميـن والمسلمـات والمؤ منيـن والمؤمنـات, الاحيـاء منهم والاموات, انك سميـع قريب مجيب الد عوات, يا قاضي الحاجـات, ويا عالم السر والخفيـات, اجعل تلاميذنا من الناجحيـن فى الإمتحـان ولا تجعلهم من الراسبيـن, ربنا اتنـا فى الدنيا حسنـة وفى الاخـرة حسنـة وقنا عذاب النار. عبادالله! ان الله يأمركم بالعدل والاحسـان وايتاء ذى القربى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغى. يعظكم لعلكم تذكرون. فاذكروا الله العظيم يذكركم, واشكروه على نعمـه يزدكم. وان تكفروا فاعلموا ان عذاب الله شديـد. ولذكر الله اكبر والله يعلم ما تصنعـون.

Cara Cepat Membaca Kitab Kuning





بسـم الله الرحمـن الرحيـم باب الكلام
 BAB KALAM الكلام هو اللفظ المركب المفيد بالوضع Kalam adalah lafaz yang terusun , dapat difahami dan menggunakan bahasa Arab. Keterangan : Syarat Kalam : 1. لفظ : Suara yang mengandung sebagian huruf hijaiyah. 2. مركب : Kalimat yang tersusun dari dua kata atau lebih. 3. مفيد : Kalimat yang dapat difahami 4. وضع : Menggunakan bahasa Arab. Contoh : هـذا كتـاب, قـرأ علي القـرآن Dasarnya : كلامنـا لفظ مفيـد كاستقـم * واسـم وفعـل ثم حرف الكلـم *** وأقسـامـه ثلاثـة اسـم و فعـل وحـرف جـاء لمعـنى Dan bagian kalam ada 3 yaitu ; isim, fi’il dan huruf yang mempunyai makna. Keterangan. Bagian Kalam; 1. اسم : Setiap kata yang menunjukkan nama orang, benda, tempat dan kata sifat. Contoh; كتاب, محمد, سنتلوك, جميل 2. فعل : Setiap kata yang menunjukkan pekerjaa, Contoh; قرأ, جلس, تعلم 3. حرف : Setiap kata yang menunjukkan keterangan, Contoh; من, إلى, عن, على Dasarnya : كلامنـا لفظ مفيـد كاستقـم * واسـم وفعـل ثم حرف الكلـم *** فالإسم يعـرف بالخفـض والتنوين ودخول الألـف واللام وحـروف الخفض وهي من وإلى وعن وعلى وفي ورب والبـاء والكـاف واللام وحـروف القسـم وهي الواو والبـاء والتـاء. Maka isim itu diketahui dengan adanya Khafad, tanwin, alif lam, huruf khafad, dan huruf qasam (huruf sumpah). Keterangan Ciri-ciri isim ada 5 yaitu; 1. خفـض : Baris bawah (--ِ), contoh, كتابِ, قلمِ, مدرسةِ 2. تنوين : Baris dua ( ً--ٍ--ٌ- ), contoh, كتابًا, قلمٍ, مدرسةَ 3. دخول الألـف واللام : Masuk alif lam ـ ـ ) الـ ), contoh, القرآن, الإنسان, المدينة Dasarnya بالجـر والتنوين والندا والــ * ومسنـد للإسم تمييـز حصل Tanda isim dengan jar, tanwin, Al nida’ Dan musnad ilaih contoh fa’il, mubtada’ 4. حـروف الخفض : Tukang baris bawah, contoh, الى المسجد 5. حروف القسم : huruf sumpah, contoh, واللهِ, والليلِ Yang termasuk tukang baris bawah yaitu : مثــال معنى حروف الجر رقم من المسجدِ الحرام الى المسجدِ الاقصى عن النبـإِ العظيـم على سررٍ مرفوعة فى أحسـنِ تقويـم رب رجـلٍ كريم لقيتـه الذي علـم بــالقلـمِ كعصفٍ مأكول الحمد للهِ واللهِ, والليلِ, والعصرِ بِـاللهِ تَـاللهِ Dari Ke, kepada Dari, tentang Diatas Di, didalam, pada Sedikit sekali, banyak sekali Dengan Seperti Milik huruf sumpah : demi demi demi من إلى عن على فى رب الباء ( بِـ ) الكاف(كَـ) اللام ( لِـ ) حروف القسم : ۱- الواو ( وَ ) ۲_ الباء ( بِـ ) ٣_ التاء ( تَـ ) ١ ٢ ٣ ٤ ٥ ٦ ٧ ٨ ٩ ۱۰ Dasarnya : هاك حروف الجر وهي من إلى * حتى خلا حاشا عدا فى عن على مذ منذ رب اللام كي واو وتا * والكـاف والبـا ولعـل ومتى Huruf jar terdiri dari Min, dan Ila Hatta, Khola, Hasya, ‘Ada, Fii, ‘An, ‘Ala Muz, Munzu, Rubba, Lam dan Kai, Wawu dan Ta’ Huruf Kaf, dan Ba’, dan La’alla dan Mata *** والفعــل يعـرف بقـد والسيـن وسوف وتــاء التـأنيــث الساكنــة Dan fi’il itu di ketahui dengan adanya huruf قد سوف , سين, dan تاء التأنيث الساكنة Keterangan Ciri-ciri فعل ada 4 yaitu ; 1. قد : Bila ada قد maka kata setelahnya adalah fi’il, bisa فعل ماض atau فعل مضارع Contoh ;فعل ماض : قد سمع الله , فعل مضارع : قد يكتب الدرس 2. (سَـ) سين : Huruf ini hanya masuk pada فعل مضارع saja dan membuat فعل مضارع bermakna masa akan datang, contoh; سَيقول السفهاء من الناس 3. سوف : Huruf ini hanya masuk pada فعل مضارع saja dan membuat فعل مضارع bermakna masa akan datang, contoh; كلا سوف تعلمون 4. (تْ) تاء التأنيث :Huruf ini hanya masuk pada فعل ماض saja yang pelakunya adalah perempuan, Contoh;قرأتْ فاطمة القرآن Dasarnya : بتا فعلت واتت ويا افعلى * ونون اقبلن فعل ينجلى **** والحـرف ما لا يصلــح معــه دليــل الإسم ولا دليــل الفعـل Huruf adalah kata kata yang tidak menerima cirri isim dan juga ciri fi’il. Keterangan: Huruf adalah kata kata yang tidak menerima ciri ciri isim ataupun fi’il, contoh ;,لم هل, فى Dasarnya : سواهما الحـرف كهل وفى ولم * فعل مضارع يلى لم كيشم والحـرف ما ليست له علامـه * فقس على قولي تكن علامه Dan semua huruf itu hukumnya mabni “ tetap, baku Dan tidak berubah”. Dasarnya : وكل حـرف مستحـق للبنـا * والاصل فى المبني ان يسكن Dan semua huruf hukumnya mabni Sukun jadi tanda aslinya mabni **** باب الإعـراب BAB I’RAB الإعـراب هو تغييـر أواخـر الكلم لإختـلاف العوامل الداخلـة عليها لفظا أو تقديـرا I’rab adalah perubahan akhir kata yang disebabkan karena berbeda tukang yang memasukinya, baik secara lafzi* maupun secara taqdiri**. Keterangan : * Perubahan secara lafzy artinya perubahan yang nampak langsung pada setiap akhir kata yang tidak diakhiri oleh huruf ي, و, ا contoh; مررت بمحمدٍ ذهب محمدٌ رأيت محمدًا لم اتعلمْ لن اتعلمَ اتعلمُ ** Perubahan secara taqdiry artinya perubahan yang tidak Nampak jelas pada setiap akhir kata karena diakhiri oleh salah satu huruf dari illat yaitu : ي, و, ا Contoh Kata yang diakhiri huruf ا “ "عِيْسَى ,يَخْشَى, yang diakhiri huruf و “ "يَغْـزُو ,يَدْعُوdan yang diakhiri huruf ي “يَرْمِي, يَجْرِي”. ***** وأقسامـه أربعـة رفـع ونصـب وخفـض وجـزم Dan I’rab itu terbagi empat, yaitu rafa’, nashab, khafad dan jazam Keterangan : ۱ . رفع : adalah baris dapen, contoh : يتعلمُ محمدٌ ۲. نصـب : adalah baris atas, contoh : لن اضربَ بكرًا ٣. خفـض : adalah baris bawah, contoh : علم بالقلمِ ٤. جـزم : adalah baris mati, contoh : لم يلدْ ولم يولدْ ***** فللأسمـاء من ذالك الرفـع والنصـب والخفـض ولا جـزم فيها Untuk isim dari baris yang tersebut diatas adalah; rafa’, nashab dan khafad, tidak ada isim berbaris mati Keterangan : ۱ . رفع : adalah baris dapen, contoh : يتعلمُ محمدٌ ۲. نصـب : adalah baris atas, contoh : لن اضربَ بكرًا ٣. خفـض : adalah baris bawah, contoh : علم بالقلمِ Dasarnya : والإسم قد خصص بالجر كما * قد خصص الفعل بان ينجزم I’rab jar masuk isim secara khusus I’rab jazam masuk fi’il dengan khusus ***** وللأفعـال من ذالك الرفـع والنصـب والجـزم ولا خفـض فيها Dan untuk fi’il dari baris yang tersebut diatas adalah; rafa’, nashab Dan jazam, tidak ada fi’il berbaris bawah Keterangan : ۱ . رفع : adalah baris dapen, contoh : يتعلمُ محمدٌ ۲. نصـب : adalah baris atas, contoh : لن اضربَ بكرًا ٣. جـزم : adalah baris mati, contoh : لم يلدْ ولم يولدْ Dasarnya : والإسم قد خصص بالجر كما * قد خصص الفعل بان ينجزم I’rab jar masuk isim secara khusus I’rab jazam masuk fi’il dengan khusus ***** باب معرفـة علامـات الإعـراب BAB MENGENAL TANDA TANDA I’RAB للرفـع أربـع علامات الضمـة والواو والألـف والنـون Untuk rafa’ ada 4 tandanya yaitu dhammah, wawu, alif dan nun. Keterangan Tada-tanda rafa’ ada 4 yaitu : ۱ . ضمة : baris dapen ( _ُ ), contoh : ذلك الكتابُ ۲. واو : huruf wawu ( و ), contoh : واولئك هم المفلحوْن ٣. الف : huruf alif ( ا ), contoh : جاء رجلان ٤. نون : huruf nun ( ن ), contoh : لعلكم تتقون ***** فأما الضمـة فتكون علامـة للرفع فى اربعـة مواضـع فى الإسم المفرد وجمـع التكسيـر وجمـع الؤنث السالم والفعـل المضـارع الذي لم يتصـل بآخـره شيئ Maka adapun domah menjadi tanda rafak pada 4 tempat yaitu isim mufrad, jamak taksir jamak muannatsi salim Dan fi’il mudori’ yang tidak bersambung akhirnya. Keterangan ضمة ( _ُ ) menjadi tanda rafa’ pada 4 tempat yaitu : ۱ . اسم مفرد : setiap yang menunjukkan satu nama orang, hewan, tempat atau benda, contoh :محمدٌ , حصانٌ, مدينةٌ, مصباحٌ Dasarnya : فارفـع بضم وانصبـن فتحا وجـر * كسرا كذكر الله عبـده يسر واجـزم بتسكيـن وغيـر ما ذكـر * ينـوب نحو جا أخو بني نمـر Rafa’ dhommah, nashab fathah, jazam sukun Jar kasrah, ingatlah Allah dengan tekun ۲. جمع تكسير : setiap kata yang berubah dari bentuk kata tunggal menjadi bentuk banyak, contoh : كتبٌ, اقلامٌ Dasarnya : فارفـع بضم وانصبـن فتحا وجـر * كسرا كذكر الله عبـده يسر واجـزم بتسكيـن وغيـر ما ذكـر * ينـوب نحو جا أخو بني نمـر Rafa’ dhommah, nashab fathah, jazam sukun Jar kasrah, ingatlah Allah dengan tekun ٣. جمع مؤنث سالم : setiap kata yang menunjukkan banyak perempuan, dengan cara menambahkan huruf alif dan ta’, contoh : زينب + ات = زينباتٌ مسلمة + ات = مسلماتٌ Dasarnya وما بتـا وألـف قد جمـع * يكسر فى الجـر وفى النصـب معـا Tanda jama’ muannats salim Alif-Ta’ Rafa’ dhammah, jar nashab kasrah huruf Ta’ ٤. فعل مضارع لم يتصل آخره : setiap kata kerja masa akan yang tidak bersambung akhirnya, contoh : يجلسُ, يقرأُ Dasarnya ارفـع مضـارعا اذا يجـرد * من ناصـب وجـازم كتسعـد Fi’il Mudhari’ itu rafa’ hukumnya Bila tanpa amil nashab dan jazamnya ***** واما الواو فتكون علامـة للرفـع فى موضعيـن فى جمع المذكر السالم وفى الأسمـاء الخمسـة وهي ابوك واخوك وحموك وفوك وذومـال. Dan adapun wawu menjadi tanda rafa’ pada 2 tempat yaitu jama’ muzakkaris salim dan asma’ul khamsah ( lima kata benda ) yaitu, ابوك, اخوك, حموك, فوك,dan ذومال Keterangan واو ( و ) menjadi tanda rafa’ pada 2 tempat yaitu : ۱ . جمع مذكر سالم : setiap kata yang menunjukkan banyak orang laki – laki, dengan cara menambahkan huruf wawu dan nun pada waktu rafa’. Contoh: محمدٌ + ون = محمدون بدرٌ + ون = بدرون Dasarnya وارفـع بواو وبيا اجرر وانصب * سالم جمـع عامـر ومذنـب Jama’ muzakkar tanda nashabnya Ya’ – Nun Rafa’nya Wawu – Nun dan jar dengan Ya’ - Nun ۲. : أسمـاء الخمسـة Lima kata benda, yaitu ابوك (bapakmu), اخوك ( saudaramu ), حموك (iparmu ), فوك ( mulutmu ),dan ذومال ( orang yang punya harta ). atau juga bisa disebut أسمـاء الستـة(enam kata benda) dengan menambahkan lafaz هنوك (punyamu). Dasarnya وارفـع بواو وانصبـن بالألـف * واجرر بيـاء ما من الأسمـا اصف مـن ذاك ذو إن صحبـة أبانـا * والفـم حيث الميـم منـه بانـا أب أخ حـم كـذاك وهـن * والنقـص فى هذا الأخيـر احسـن Asma’ sittah rafa’nya memakai wawu Nashab Alif jar Ya’ tekun jadi tahu Asma’ sittah antara lain ذُوْ dan فُ Dan kata اَبٌ, اَخٌ, حَمٌ dan هَـنُ ***** واما الألـف فتكون علامـة للرفـع فى تثنيـة الأسمـاء خاصـة Adapun alif menjadi tanda rafa’ khusus pada isim tasniah Keterangan الف ( ا ) menjadi tanda rafa’ pada 1 tempat yaitu : ۱ . اسم تثنيـة : Setiap kata yang menunjukkan dua nama orang, hewan, tempat atau benda, dengan cara menambahkan huruf Alif dan Nun pada waktu Rafa’. Contoh: كتاب + ان = كتابان بدرٌ + ان = بدران Dasarnya بالألـف ارفـع المثـنى وكلا * اذا بمضمـر مضافـا وصـلا وتخلف اليـا فى جميعها الألـف * جـرا ونصبا بعد فتح قد ألـف Mutsanna rafa’ Alif – Nun dan jar Nashab Pakai Ya’ – Nun setelah fathah ini nashab ***** وأما النون فتكون علامـة للرفـع فى الفعـل المضـارع اذا اتصـل به ضميـر تثنيـة او ضميـر جمـع او ضميـر المؤنثـة المخاطبـة Adapun Nun menjadi tanda Rafa’ pada fi’il Mudhari’ yang bersambung dengan dhamir Tasniyah, dhamir jama’ atau dhamir mua’nnats mukhatabah Keterangan نون ( ن ) menjadi tanda rafa’ pada 1 tempat yaitu : ۱ . افعـال الخمسـة : Lima kata kerja, maksudnya setiap Fi’il Mudhari’ yang diakhirnya ada dhamir tasniyah yaitu Alif - Nun ( ان ), dhamir jama’ yaitu Wawu – Nun (ن و ( atau dhamir Muannats Mukhotobah yaitu Ya’ – Nun ( ين (, tanda rafa’nya adalah Nun ( ن ). Contoh : ۱. ضميـر تثنيـة ( ان ) : يذهبـان, تذهبـان ۲. ضميـر جمع ( ن و ( : يذهبـون, تذهبـون ٣. ضمير مؤنث مخاطبة (ين ) : تذهبيـن Dasarnya واجعـل لنحو يفعـلان النون * رفعـا وتدعيـن وتسألــون وحذفها للجـزم والنصب سمـه * كلم تكـوني لترومي مظلمـه Af’al Khamsah rafa’ pakai tetapnya Nun Jazam Dan nashab dibuang hurufnya Nun ***** وللنصـب خمـس علامـات الفتحـة والألـف والكسـرة واليـاء وحذف النـون Untuk Nashab adal 5 tanda yaitu; Fathah, Alif, Kasrah, Ya’ dan Hazfu Nun Keterangan Tada-tanda Nashab ada 5 yaitu : ۱ . فتحـة : baris atas ( _َ ), contoh : إن اللهَ غفور ۲. الف : huruf Alif ( ا ), contoh : إن أبانـا شيخ ٣. كسرة : Baris kasrah (-ِ ), contoh : انظر المسلمـاتِ ٤. ياء : huruf Ya’ ( ي ), contoh : إن المتقيـن فى جنات النعيم ٥. حذف نون : Membuang nun ( ن ), contoh : لن تفعلـوا ***** فأما الفتحـة فتكون علامـة للنصب فى ثلاثـة مواضع فى الإسم المفرد وجمـع التكسير والفعل المضارع اذا دخـل عليـه ناصب ولم يتصل بآخـره شيئ Adapun Fathah menjadi tanda Nashab pada 3 tempat yaitu; Isim Mufrad, Jama’ Taksir dan Fi’il Mudhari’ yang dimasuki amil nashab Dan tidak bersambung akhirnya. Keterangan فتحـة (_َ) menjadi tanda nashab pada 3 tempat yaitu : ۱ . اسم مفرد : setiap yang menunjukkan satu nama orang, hewan, tempat atau benda, contoh :محمدًا , حصانًا, مدينةً, مصباحًا Dasarnya : فارفـع بضم وانصبـن فتحا وجـر * كسرا كذكر الله عبـده يسر واجـزم بتسكيـن وغيـر ما ذكـر * ينـوب نحو جا أخو بني نمـر Rafa’ dhommah, nashab fathah, jazam sukun Jar kasrah, ingatlah Allah dengan tekun ۲. جمع تكسير : setiap kata yang berubah dari bentuk kata tunggal menjadi bentuk banyak, contoh : إن الكتبَ والأقلامَ فى الحقيبة Dasarnya : فارفـع بضم وانصبـن فتحا وجـر * كسرا كذكر الله عبـده يسر واجـزم بتسكيـن وغيـر ما ذكـر * ينـوب نحو جا أخو بني نمـر Rafa’ dhommah, nashab fathah, jazam sukun Jar kasrah, ingatlah Allah dengan tekun ٣. فعل مضارع لم يتصل آخره : Fi’il mudhari’ yang dimasuki amil nashab dan tidak bersambung akhirnya, contoh : لن تستطيعَ لن نصبرَ ***** وأما الألف فتكون علامـة للنصب فى الأسمـاء الخمسـة نحو رأيت أباك وأخاك وما أشبه ذالك Dan adapun Alif menjadi tanda nashab pada 1 tempat yaitu Asmaul Khamsah, contoh ; رأيت أباك وأخاك dan lain-lain. Keterangan الف ( ا )menjadi tanda nashab pada 1 tempat yaitu : ۱. : أسمـاء الخمسـة Lima kata benda, yaitu اباك (bapakmu), اخاك ( saudaramu ), حماك (iparmu ), فاك ( mulutmu ),dan ذا مال ( orang yang punya harta ). atau juga bisa disebut أسمـاء الستـة(enam kata benda) dengan menambahkan lafaz هناك (punyamu). Dan tanda nashabnya adalah huruf Alif (ا ). Dasarnya وارفـع بواو وانصبـن بالألـف * واجرر بيـاء ما من الأسمـا اصف مـن ذاك ذو إن صحبـة أبانـا * والفـم حيث الميـم منـه بانـا أب أخ حـم كـذاك وهـن * والنقـص فى هذا الأخيـر احسـن Asma’ sittah rafa’nya memakai wawu Nashab Alif jar Ya’ tekun jadi tahu Asma’ sittah antara lain ذُوْ dan فُ Dan kata اَبٌ, اَخٌ, حَمٌ dan هَـنُ ***** وأما الكسـرة فتكون علامـة للنصب فى جمـع المؤنث السـالم Adapun kasrah menjadi tanda nashab pada 1 tempat, yaitu pada Jama’ Muannats Salim Keterangan كسرة ( -ِ )menjadi tanda nashab pada 1 tempat yaitu : ۱. جمع مؤنث سالم : setiap kata yang menunjukkan banyak perempuan, dengan cara menambahkan huruf alif dan ta’, Dan tanda nashabnya adalah kasrah, contoh : زينب + ات = زينباتٍ مسلمة + ات = مسلماتٍ إن المسلمـاتِ يدخلن الجنـة بإطاعـة زوجهـا Dasarnya وما بتـا وألـف قد جمـع * يكسر فى الجـر وفى النصـب معـا Tanda jama’ muannats salim Alif-Ta’ Rafa’ dhammah, jar nashab kasrah huruf Ta’ ***** وأما اليـاء فتكون علامـة للنصب فى التثنيـة والجمـع Adapun Ya’ menjadi tanda Nashab pada 2 tempat, yaitu ; Isim Tasniyah dan Jama’ Muzakkar salim Keterangan ياء ( ي ) menjadi tanda nashab pada 2 tempat yaitu : ۱ . اسم تثنيـة : Setiap kata yang menunjukkan dua nama orang, hewan, tempat atau benda, dengan cara menambahkan huruf Ya’ dan Nun pada waktu nashab, Contoh: كتاب + ين = كتابَيْنِ بدر + ين = بدرَيْنِ Dasarnya بالألـف ارفـع المثـنى وكلا * اذا بمضمـر مضافـا وصـلا وتخلف اليـا فى جميعها الألـف * جـرا ونصبا بعد فتح قد ألـف Mutsanna rafa’ Alif – Nun dan jar Nashab Pakai Ya’ – Nun setelah fathah ini nashab ۲. جمع مذكر سالم : setiap kata yang menunjukkan banyak orang laki – laki, dengan cara menambahkan huruf Ya’ dan nun pada waktu nashab. Contoh: محمد + ين = محمدِيْنَ بدر + ين = بدرِيْنَ Dasarnya وارفـع بواو وبيا اجرر وانصب * سالم جمـع عامـر ومذنـب Jama’ muzakkar tanda nashabnya Ya’ – Nun Rafa’nya Wawu – Nun dan jar dengan Ya’ – Nun Bila lafaz التثنيـة والجمـع ditulis beriringan maka yg dimaksud dengan jama’ adalah jama’ muzakkarissalim. Perbedaan antara Isim Tasniyah dengan Jama’ Muzakkarissalim terletak pada harokat sebelum dan sesudahnya, bila harokat sebelum Ya’ adalah fathah dan sebelum Ya’ adalah kasrah maka itu Isim Tasniyah, namun jika sebaliknya sebelum Ya’ berharokat Kasrah dan setelah Ya’ berharokat fathah maka disebut Jama’ Muzakkarissalim contoh:  اسم تثنيـة : اللهم انصر المسلمَيْن ِ  جمع مذكر سالم : اللهم انصر المسلمِيْنَ ***** وأما حذف النـون فيكون علامـة للنصب فى الأفعـال التى رفعهـا بثبـات النـون Adapun Hazfu Nun menjadi tanda nashab pada satu tempat, yaitu; Pada Fi’il Mudhari’ yang tanda rafa’nya dengan tsubutun Nun Keterangan نون حذف ( ن ) menjadi tanda rafa’ pada 1 tempat yaitu : ۱ . افعـال الخمسـة : Lima kata kerja, maksudnya setiap Fi’il Mudhari’ yang diakhirnya ada dhamir tasniyah yaitu Alif - Nun ( ان ), dhamir jama’ yaitu Wawu – Nun (ن و ( atau dhamir Muannats Mukhotobah yaitu Ya’ – Nun ( ين (, maka tanda nashabnya adalah Hazfu Nun ( Membuang Huruf Nun) Contoh : نصـب رفـع افعـال الخمسـة رقم لن يكتبا, لن تكتبا يكتبان, تكتبان ضميـر تثنيـة ۱ لن يكتبوا, لن يكتبوا يكتبون, يكتبون ضميـر جمـع ۲ لن تكتبي تكتبين ضميـر مؤنث مخاطبـة ٣ Dasarnya واجعـل لنحو يفعـلان النون * رفعـا وتدعيـن وتسألــون وحذفها للجـزم والنصب سمـه * كلم تكـوني لترومي مظلمـه Af’al Khamsah rafa’ pakai tetapnya Nun Jazam Dan nashab dibuang hurufnya Nun ***** وللخفـض ثلاث علامـات الكسـرة واليـاء والفتحـة Untuk khafad ada 3 tanda, yaitu; Kasrah, Ya’ dan Fathah Keterangan Tada-tanda Khafad ada 3 yaitu : ۱ . كسرة : baris bawah ( -ِ ), contoh : من شرِّ حاسدٍ, من الجنـةِ والنـاسِ ۲. ياء : huruf Ya’ ( ي ), contoh : رب اجعلنا مسلمَيْنِ لك ٣. فتحـة : Baris atas (-َ ), contoh : إنه من سليمانَ ***** فأما الكسـرة فتكون علامـة للخفض فى ثلاثـة مواضـع فى الإسم المفـرد المنصـرف وجمع التكسيـر المنصـرف وجمع المؤنـث السـالم Adapun kasrah menjadi tanda khafad pada 3 tempat, yaitu; Isim Mufrad Munsharif, Jama’ Taksir Munsharif dan Jama’ Muannats Salim Keterangan كسرة ( -ِ ) menjadi tanda khafad pada 3 tempat yaitu : ۱ . اسم مفرد منصرف : Isim Mufrad yang bertanwin, tanda khafadnya adalah kassrah, contoh :فِيْهَا أَنْهَارٌ مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ Dasarnya : فارفـع بضم وانصبـن فتحا وجـر * كسرا كذكر الله عبـده يسر واجـزم بتسكيـن وغيـر ما ذكـر * ينـوب نحو جا أخو بني نمـر Rafa’ dhommah, nashab fathah, jazam sukun Jar kasrah, ingatlah Allah dengan tekun ۲. جمع تكسير منصرف : Jama’ Taksir yang bertanwin, tanda khafadnya adalah kasrah, contoh : فِى بُرُجٍ مُشَيَّدَةٍ, عَلَى سُرُرٍ مَرْفُوْعَةٍ Dasarnya : فارفـع بضم وانصبـن فتحا وجـر * كسرا كذكر الله عبـده يسر واجـزم بتسكيـن وغيـر ما ذكـر * ينـوب نحو جا أخو بني نمـر Rafa’ dhommah, nashab fathah, jazam sukun Jar kasrah, ingatlah Allah dengan tekun ٣. جمع مؤنث سالم : Jama’ Muannats Salim tanda khafadnya adalah kasrah, contoh : ومن شر النفاثـاتِ فى العقـد Dasarnya وما بتـا وألـف قد جمـع * يكسر فى الجـر وفى النصـب معـا Tanda jama’ muannats salim Alif-Ta’ Rafa’ dhammah, jar nashab kasrah huruf Ta’ ***** وأما اليـاء فتكون علامـة للخفض فى ثلاثـة مواضـع فى الأسمـاء الخمسـة والتثنيـة والجمـع Adapun Ya’ menjadi tanda khafad pada 3 tempat, yaitu; Asmaul Khamsah, Isim Tasniyah dan Jama’ Muzakkar Salim Keterangan ياء ( ي ) menjadi tanda khafad pada 3 tempat yaitu : ۱. : أسمـاء الخمسـة Lima kata benda, yaitu 1. ابيـك (bapakmu), 2. اخيـك ( saudaramu ), 3. حميـك (iparmu ), 4. فيـك ( mulutmu ),dan 5. ذي مال ( orang yang punya harta ). atau juga bisa disebut أسمـاء الستـة(enam kata benda) dengan menambahkan lafaz هنيك (punyamu). Dan tanda khafadnya adalah huruf Ya’ (ي ). Contoh : عن أبي عبد الله Dasarnya وارفـع بواو وانصبـن بالألـف * واجرر بيـاء ما من الأسمـا اصف مـن ذاك ذو إن صحبـة أبانـا * والفـم حيث الميـم منـه بانـا أب أخ حـم كـذاك وهـن * والنقـص فى هذا الأخيـر احسـن Asma’ sittah rafa’nya memakai wawu Nashab Alif jar Ya’ tekun jadi tahu Asma’ sittah antara lain ذُوْ dan فُ Dan kata اَبٌ, اَخٌ, حَمٌ dan هَـنُ ۲. اسم تثنيـة : Isim Tasniyah, dengan menambahkan huruf Ya’ dan Nun pada waktu khafad, Contoh: كتاب + ين = كتابَيْنِ بدر + ين = بدرَيْنِ رب المشرقَيْـنِ والمغربَيـْنِ Dasarnya بالألـف ارفـع المثـنى وكلا * اذا بمضمـر مضافـا وصـلا وتخلف اليـا فى جميعها الألـف * جـرا ونصبا بعد فتح قد ألـف Mutsanna rafa’ Alif – Nun dan jar Nashab Pakai Ya’ – Nun setelah fathah ini nashab ٣. جمع مذكر سالم : Jama’ Muzakkar salim, dengan menambahkan huruf Ya’ dan nun pada waktu khafad. Contoh: محمد + ين = محمدِيْنَ بدر + ين = بدرِيْنَ وما نحن لك بمؤمنِيْـنَ, اعدت للكافرِيْـنَ Dasarnya وارفـع بواو وبيا اجرر وانصب * سالم جمـع عامـر ومذنـب Jama’ muzakkar tanda nashabnya Ya’ – Nun Rafa’nya Wawu – Nun dan jar dengan Ya’ – Nun ***** وأما الفتحـة فتكون علامـة للخفض فى الإسم الذي لا ينصـرف Adapun fathah menjadi tanda khafad pada 1 tempat, yaitu; Ismullazi Laa Yansharif Keterangan فتحـة ( -َ ) menjadi tanda khafad pada 1 tempat yaitu : ۱. : الإسم الذي لا ينصرف Isim yang tidak boleh menerima tanwin, ia terdiri dari Isim Mufrad dan Jama’ Taksir. Dan tanda khafadnya adalah fathah selama tidak diawali oleh alif lam ( الـ ) atau menjadi Mudhaf. Contoh : • اسم مفرد غير منصرف ولما دخلوا على يوسفَ : • جمع تكسير غير منصرف لمبوك معروف بألف مَسَاجِدَ : Dasarnya وجـر بالفتحـة ما لا ينصرف * مالم يضـف او يك بعد الـ ردف Isim gairu munsharif rafa’nya dhammah Tandanya jar Dan nashab memakai fathah Selama tidak dimudhaf dan tanpa Al Bila Mudhaf, ada Al hukumnya asal ***** وللجـزم علامتـان السكـون والحـذف Untuk jazam ada 2 tanda, yaitu sukun dan hazfu Keterangan Tada-tanda Jazam ada 2 yaitu : ۱ . سكون : baris mati ( -ْ ), contoh : ألم نَشْرَحْ لك صدرك ۲. حذف : Membuang huruf (ن,ي,و,ا), contoh: ألم تَرَ كيف فعل ربك, فليستجيبوا لي ***** فأما السكـون فيكون علامـة للجزم فى الفعـل المضارع الصحيـح الآخـر Adapun sukun menjadi tanda Jazam pada 1 tempat, yaitu Fi’il Mudhari’ Shahihul Akhir Keterangan سكون ( -ْ ) menjadi tanda jazam pada 1 tempat yaitu : ۱. فعل مضارع صحيح الآخر : yaitu Fi’il Mudhari’ yang diakhirnya tidak terdapat huruf illat (ي,و,ا), Contoh :ومنهم من لم نَقْصُصْ عليك, ولا تَمْنُنْ تستكثر ***** وأما الحـذف فيكون علامـة للجزم فى الفعـل المضـارع المعتـل الآخـر وفى الأفعـال التى رفعهـا بثبـات النـون Adapun Hazfu menjadi tanda jazam pada 2 tempat, yaitu ; Fi’il Mudhari’ Mu’tallul Akhir Dan Fi’il Mudhari’ yang tanda rafa’nya Tsubut Nun Keterangan حذف menjadi tanda jazam pada 2 tempat yaitu : ۱. فعل مضارع معتل الآخر : yaitu Fi’il Mudhari’ yang diakhirnya terdapat huruf illat (ي,و,ا), Maka tanda jazamnya adalah membuang huruf Illat tersebut. Contoh :ولا تُصَلِّ على أحد منهم, ولا تَدْعُ من دون الله, ألم تَرَ كيف فعل ۲. افعـال الخمسـة : Lima kata kerja, maksudnya setiap Fi’il Mudhari’ yang diakhirnya ada dhamir tasniyah yaitu Alif - Nun ( ان ), dhamir jama’ yaitu Wawu – Nun (ن و ( atau dhamir Muannats Mukhotobah yaitu Ya’ – Nun ( ين (, maka tanda Jazamnya adalah Hazfu Nun ( Membuang Huruf Nun) Contoh : نصـب رفـع افعـال الخمسـة رقم لن يكتبا, لن تكتبا يكتبان, تكتبان ضميـر تثنيـة ۱ لن يكتبوا, لن يكتبوا يكتبون, يكتبون ضميـر جمـع ۲ لن تكتبي تكتبين ضميـر مؤنث مخاطبـة ٣ Dasarnya واجعـل لنحو يفعـلان النون * رفعـا وتدعيـن وتسألــون وحذفها للجـزم والنصب سمـه * كلم تكـوني لترومي مظلمـه Af’al Khamsah rafa’ pakai tetapnya Nun Jazam Dan nashab dibuang hurufnya Nun ***** *****

Kumpulan Do'a

دُعَـاءُ الْحُسْـنَى
بِحَمْـدِكَ نَحْمَـدُكَ يَا مَوْلَانَـا           صَلاَةً سَلاَمًـا عَلَى مُصْطَفَـانَا 
بِالأَسْمَـاءِ الْحُسْنَى نَسْأَلُ مَوْلاَنَا       بِالأَسْمَاءِ الأَعْظَمْ نَدْعُـوْكَ رَبَّنَا
يَا هَادِى اِهْدِنِي صِرَاطَ المُسْتَقِيـمْ          صِرَاطَ الَّذِيْـنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِـمْ
يَا غَفَّارْ اِغْفِـرْ لِي جَمِيْعَ ذُنُـوْبِي كَـذَا وَالِـدَيَّ وَلِأَسَـاتِـذِيْ
يَاعَلِيـمْ عَلِّمْـنِي عِلْمَ  يَنْفَعُـنِي        فِى دِيْنِـي وَدُنْيَـايَ وَآخِـرَتِي
يَا رَزَّاقْ اُرْزُقْـنِي بِرِزْقٍ حَـلاَلِ         تَرْضَـاهُ يَكُوْنُ زَادِ فِى حَيَـاتِي
يَا وَهَّابُ هَبْ  لِي بِقَلْبٍ سَلِيْـمِ          وَذِهْنٍ صَفِـيٍّ وَعَقْـلٍ كَرِيْـمِ
يَافَتَّاحْ اِفْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِـكْ            كَذَاكَ اِفْتَحْ  لِيَ أَبْوَابَ فَضْلِـكْ
يَارَحْمَنْ اِرْحَمْنِي رَحْمَةَ الْكَرِيْـمِ         يَارَحِيمْ اِرْحَمْنِي بِفَيْضِ الْعَمِيْـمِ
فَهَذَا دُعَائِـي يَا مُجِيْبَ الدَّعْـوَهْ فَاسْتَجِبْــهُ يَارَبِّ وَلاَ تَـرُدَّهْ
سُبْحَانَـكَ رَبِّ عَمَّا يَصِفُـوْنَ        سَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِينْ وَالْحَمْدُ لَهْ
Kumpulan Do'a

Kegiatan MAdrasah






Agenda Kegiatan




Kegiatan-kegiatan : 1. Apel Pagi 2. Pentas Seni Kasidah 3. Olahraga

Pendiri Ponpes Ishlahul Muslimin





TGH. Husni Usman




Alm. TGH. Ahmad Zakaki

Kumpulan Do'a

Visi dan Misi Ponpes Ishlahul Muslimin


VISI dan MISI MADRASAH

      VISI :
“ Unggul dalam prestasi, maju dalam kreasi dan ikhlas dalam beramal”.

      MISI :
Berdasarkan Visi di atas maka Misi MTs. Ishlahul Muslimin Senteluk sebagai berikut :
1)      Penanaman keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. melalui praktek pelaksanaan ibadah.
2)      Menerapkan menegemen partisipatif dengan melibatkan warga madrasah dan stake holder madrasah.
3)      Membentuk perilaku berprestasi, pola fikir yang kritis dan kreatif pada siswa.
4)      Meningkatkan kwalitas sdmtenaga guru dan staf serta  berdisiplin dalam menjalankan tugas.

C.  TUJUAN MADRASAH :
1.      Seluruh wagra MTs. Ishlahul Muslimin secara aktif mengikuti kegiatan pembinaan Imtaq melalui kultum pagi.
2.      Meningkatka kwalitas pembelajaran melalui pelatihan guru.
3.      Mengintegrasikan konsep ilmu agama dan umum dalam pembelajaran di kelas.
4.      Meningkatkan minat lulusan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
5.      Terbentuknya tim olahraga yang dapat meningkatkan prestasi siswa pada setiap even pertandingan.
6.      Tim kesenian secara teratur berlatih dan melaksanakan pentas di madrasah maupun untuk tujuan promosi wisata madrasah.
7.      Terselenggaranya pelatihan keterampilan agar siswa memiliki keterampilan (life skill) untuk bekal terjun kemasyarakat.
8.      Terampil berbahasa asing, arab dan inggris serta mampu menjadi da’i yang berguna bagi masyarakat.
9.      Ikut serta mencerdaskan bangsa sesuai dengan amanat UUD 45.

Sejarah Ponpes Ishlahul MUslimin


SEJARAH SINGKAT PONTREN ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK
DESA SENTELUK KEC. BATULAYAR LOBAR

 Madrasah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki nilai dan posisi yang sterategis dalam membina dan membentuk insan yang beriman, yang bertakwa, berpengetahuan, berwawasan luas serta berkepribadian yang luwes. Menguasai teknologi sesuai dengan tuntunan zaman, tetapi tidak berbenturan dengan norma-norma agama.
Sebagai lembaga yang bernuansa islami dituntut untuk menjadi peserta didik yang handal dan memiliki benteng yang kuat dalam mempertahankan nilai relegius ditengah gejolak globalisasi yang cendrung membawa dampak krisis moral yang tentunya bermuara ke berbagai krisis lainnya. Bergejolaknya berbagai krisis diawali oleh krisis moral manusia, maka dengan penanaman moral yang karimah kepada anak didik yang bercirikan agama ini diharapkan dapat memilih dan memilah serta lebih selektif dalam menentukan alternatif arah bahtera kehidupan karena memilih filter yang cukup steril dan polusi yang semakin menggebu.
Menyadari akan hal ini, karena sinyal-sinyal yang menuju ke arah itu telah menampakkan realita yang dapat dijadikan thesa yang selalu dikhawatirkan oleh tokoh agama, dan tokoh masyarakat, lalu dibentuklah wadah yang menampung remaja putra dan putri berupa Diniyah Islamiyah yang didirikan pada tahun 1981. diatas  tanah wakaf seluas 1.000 M2 yang merupakan wakaf dari H. Husni Usman, kemudian ditindak lanjuti dengan didirikannya Madrasah Ibtidaiyah, pada tahun 1983 dengan nama “Madrasah Ibtidaiyah Annizhomiyah”.
Waktupun berlalu tanpa terasa 6 tahun perjalanan Madrasah Ibtidaiyah, banyak hal yang telah dilalui termasuk perubahan nama madrasah menjadi “Al-Ishlahul Muslimin”, lalu menjadi “Ishlahul Muslimin”.
Kemudian dengan melihat animo masyarakat yang cukup tinggi untu menyekolahkan putra putrinya ke madrasah, tingginya angka anak putus sekolah karena tidak mampu untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yang dikarenakan karena faktor biaya dan jarak yang sangat jauh dari rumah mereka hanya   bisa ditempuh dengan jalan kaki, maka pada tanggal 10 Juni tahun 1989 terbentuklah Madrasah Tsanawyah Ishlahul Muslimin yang kemudian disusul dengan Madrasah Aliyah pada tanggal 10 Juni tahun 2003 dan RA/TK pada tahun 2006.
Akhirnya, dengan selalu mengharapkan pertolongan dan petunjuk dari Allah swt. Semoga Yayasan Pendidikan Pontren Ishlahul Muslimin tetap exsis dalam menjalankan amanah yang diembannaya.