Rabu, 05 September 2012

Sejarah Ponpes Ishlahul MUslimin


SEJARAH SINGKAT PONTREN ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK
DESA SENTELUK KEC. BATULAYAR LOBAR

 Madrasah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki nilai dan posisi yang sterategis dalam membina dan membentuk insan yang beriman, yang bertakwa, berpengetahuan, berwawasan luas serta berkepribadian yang luwes. Menguasai teknologi sesuai dengan tuntunan zaman, tetapi tidak berbenturan dengan norma-norma agama.
Sebagai lembaga yang bernuansa islami dituntut untuk menjadi peserta didik yang handal dan memiliki benteng yang kuat dalam mempertahankan nilai relegius ditengah gejolak globalisasi yang cendrung membawa dampak krisis moral yang tentunya bermuara ke berbagai krisis lainnya. Bergejolaknya berbagai krisis diawali oleh krisis moral manusia, maka dengan penanaman moral yang karimah kepada anak didik yang bercirikan agama ini diharapkan dapat memilih dan memilah serta lebih selektif dalam menentukan alternatif arah bahtera kehidupan karena memilih filter yang cukup steril dan polusi yang semakin menggebu.
Menyadari akan hal ini, karena sinyal-sinyal yang menuju ke arah itu telah menampakkan realita yang dapat dijadikan thesa yang selalu dikhawatirkan oleh tokoh agama, dan tokoh masyarakat, lalu dibentuklah wadah yang menampung remaja putra dan putri berupa Diniyah Islamiyah yang didirikan pada tahun 1981. diatas  tanah wakaf seluas 1.000 M2 yang merupakan wakaf dari H. Husni Usman, kemudian ditindak lanjuti dengan didirikannya Madrasah Ibtidaiyah, pada tahun 1983 dengan nama “Madrasah Ibtidaiyah Annizhomiyah”.
Waktupun berlalu tanpa terasa 6 tahun perjalanan Madrasah Ibtidaiyah, banyak hal yang telah dilalui termasuk perubahan nama madrasah menjadi “Al-Ishlahul Muslimin”, lalu menjadi “Ishlahul Muslimin”.
Kemudian dengan melihat animo masyarakat yang cukup tinggi untu menyekolahkan putra putrinya ke madrasah, tingginya angka anak putus sekolah karena tidak mampu untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yang dikarenakan karena faktor biaya dan jarak yang sangat jauh dari rumah mereka hanya   bisa ditempuh dengan jalan kaki, maka pada tanggal 10 Juni tahun 1989 terbentuklah Madrasah Tsanawyah Ishlahul Muslimin yang kemudian disusul dengan Madrasah Aliyah pada tanggal 10 Juni tahun 2003 dan RA/TK pada tahun 2006.
Akhirnya, dengan selalu mengharapkan pertolongan dan petunjuk dari Allah swt. Semoga Yayasan Pendidikan Pontren Ishlahul Muslimin tetap exsis dalam menjalankan amanah yang diembannaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar